Jumat, 17 Juni 2011

MEMBERI RASA AMAN


Pemimpin, baru bisa dikatakan jujur manakala ia mampu memberi rasa aman. Sikap jujur yang dalam bahasa Arab sering dikenal dengan al-amiin, memang erat kaitannya dengan pengertian aman.
Secara bahasa al-amiin berasal dari kata aamina-ya’manu-amaanatan yag berarti merasa aman atau memberi kepercayaan. Seorang pemimpin baru disebut amiin manakala ia bisa memberi rasa aman. Inilah gelar yang disandang Rasulullah SAW jauh sebelum dirinya diangkat menjadi Nabi.
Kata al-amiin berdekatan juga dengan kata aamana-yu’minu-iimaanan yang berarti keyakinan atau keimanan. Jadi kata aamanah (kepercayaan), amiin (jujur) dan iimaan (keimanan) adalah rangkaian kata yang tak bisa dipisahkan. Pada tataran realitas, kepercayaan adalah buah kejujuran. Sedangkan kejujuran adalah bagian terpenting dari keimanan.
Namun ada perbedaan mendasar antara sikap jujur dengan amanah. Seseorang yang mengaku dirinya benar mendapatkan titipan uang, mungkin bisa disebut jujur. Tapi ketika ia tak mampu mengembalikan uang tepat waktunya, atau ia gunakan untuk keperluan tidak pada tempatnya, tindakannya tak bisa dinamakan amanah. Sikap amanah berkaitan dengan kepercayaan sedangkan jujur berkaitan dengan ucapan.
Bagi seorang pemimpin, kejujuran dan sikap amanah harus seiring. Sekali berbohong, ia akan mencatat sejarah sebagai pendusta. Inilah yang menjelaskan mengapa jujur begitu lengket dengan kehidupan para Nabi. Diantara alasan terpenting diterimanya Nabi Musa oleh ayah dua wanita yang ditolongnya, selain qawiyyun (kuat), ia juga amiin (jujur).
 Begitupun Nabi Yusuf. Diangkatnya dirinya sebagai orang terdekat Raja Mesir, bukan karena Nabi Yusuf makiin (berkedudukan tinggi) tapi juga amiin (jujur).
Sikap jujur harus dilatih sejak dini. Hanya mereka yang biasa berjalan di tanah datar yang sanggup mendaki bukit. Hanya mereka yang biasa jujur yang akan mampu menghalau kemunafikan.

Dari Buletin Jum’at Al-Maidah
15 Rajab 1432 H / 17 Juni 2011 M

1 komentar:

  1. sayang sekali di negeri ini kejujuran tidak mendapat tempat lagi

    BalasHapus